Jangan Malu Tukar Tambah Motor, Ini dia Tipsnya

Itt Water Mark – Program tukar tambah alias trade-in kini banyak ditawarkan oleh dealer resmi sepeda motor. Cara ini mendapat respon positif dari masyarakat, terutama bagi yang ingin melakukan tukar tambah motor.

Umumnya dealer sebagai pelaksana akan membeli motor bekas tersebut. Kemudian uang hasil penjualan tersebut dimasukkan sebagai uang muka pembelian motor baru. 

Kelebihan dan kekurangan tukar tambah motor

Keuntungan pertama yang bisa didapatkan konsumen jika menukarkan motor lama dengan motor baru ke dealer resmi adalah prosesnya cepat, dan tidak perlu ribet jual motor lama yang belum tentu orang beli atau laku.

Sedangkan dari kekurangannya adalah kesesuaian perkiraan harga jual motor lama tersebut, walaupun melihat dari nilai pasarnya, diler pasti akan menilai berdasarkan kondisi motor, kelengkapan legalitasnya, hingga tahun pembuatan motor tersebut.

Kemudian tidak semua diler mau menerima tukar tambah, yang menjadi permasalahan adalah tahun pembuatan dan juga batasan umur sepeda motor.

Umumnya diler mempunyai ketentuan bahwa sepeda motor yang bisa ditukar memiliki rentang usia yang relatif muda yaitu dibawah umur tiga tahun.

Tips tukar tambah sepeda motor

  1. Siapkan motor dengan baik

Jika Anda berniat menukar motor lama dengan motor baru, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kesiapan motor yang akan ditukar.

Persiapannya mulai dari tampilan motor, kondisi mesin, hingga performa mesinnya.

Jangan sungkan untuk mengeluarkan sedikit uang untuk mempersiapkan kondisi motor yang akan dijual, karena semakin bagus kondisinya maka harga akan semakin naik atau nilai jualnya tidak akan turun.

Lakukan perbaikan minor atau kecil jika ada kerusakan, cuci motor atau bila perlu bawa ke salon motor untuk perawatan lengkap.

Apabila kondisi mesin salam keadaan bagus dan tidak ada kerusakan jangan sampai harga jual motor terlampau murah.

  1. Pastikan surat-suratnya lengkap

Kemudian yang menjadi perhatian selanjutnya adalah dokumen kendaraan mulai dari Tanda Daftar Kendaraan Bermotor (STNK), dan juga Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Dengan kelengkapan legalitas ini maka harga sepeda motor tidak akan turun, dan sudah dipastikan bukan sepeda motor curian atau ilegal tanpa sertifikat.

Tidak hanya itu, dalam proses penukaran sepeda motor dan transaksi jual beli, kelengkapan dokumen kendaraan sangat penting, apabila kendaraan masih kredit dan BPKB masih di tangan pihak leasing, maka batalkan niat untuk berdagang.

Pada sepeda motor, opsi yang bisa dipilih adalah over credit, bukan tukar tambah.

Kemudian, pastikan juga bahwa tidak ada tunggakan pajak sepeda motor atau denda yang harus dibayarkan akibat keterlambatan atau tidak membayar pajak kendaraan bermotor.

  1. Perhatikan tahun pembuatan dan modifikasinya

Tahun pembuatan kendaraan bermotor juga penting saat Anda ingin menukar sepeda motor.

Semakin tua usia motornya maka semakin rendah harga motor tersebut, sebaliknya semakin muda tahun pembuatannya, harganya tidak serendah motor tuanya.

Dianjurkan motor yang ditukar tidak lebih tua dari 5 tahun, karena jika lebih maka peminatnya akan semakin sedikit atau bahkan lebih banyak dealer yang tidak mau menerima kendaraan untuk ditukar lebih banyak.

Kemudian batalkan niat anda jika menukar motor dengan motor modifikasi atau overhaul, karena banyak dealer yang tidak terima tukar tambah motor baru dengan motor lama hasil modifikasi.

Kesimpulan

Itulah dia beberapa tips penting seputar tukar tambah motor lama dengan motor baru.

Jadi bila Anda berniat mengganti motor, namun hanya ingin melakukan tukar tambah, pastikan motor Anda dalam keadaan prima, ya.

Leave a Comment