Hindari Penipuan Berkedok Lelang Online, Beli Mobil yang Pasti-Pasti Saja

Perkembangan internet yang begitu pesat memang memberikan banyak sekali manfaat. Akan tetapi, di sisi lain penipuan online juga marak terjadi. Seperti berbagai kasus yang ditemukan di banyak sosial media. Modus penipuan tersebut mengatasnamakan perusahaan gadai yang melakukan lelang mobil. Oleh karena itu, yuk cek tips menghindari penipuan berkedok lelang online ini.

Tips Hindari Penipuan Berkedok Lelang Online

  1. Jangan Asal Tergiur Harga Murah

Harga murah memang sangat menggiurkan. Apalagi mobil termasuk barang tersier yang harganya tidak bisa dibilang murah. Jadi ketika mendapat tawaran kendaraan roda empat dengan harga terjangkau, kemungkinan besar banyak orang yang akan tergoda. Meskipun begitu, sebaiknya anda jangan asal tergiur dengan harga murah tersebut.

Karena harga murah yang cenderung tidak wajar atau memiliki perbedaan harga yang terlampau jauh berbeda dari pasar tentunya patut dicurigai. Harga lelang sekalipun biasanya akan disesuaikan dengan kondisi pasar. Dimana setiap barang memiliki nilai limit yang telah ditetapkan oleh penjual agar tidak sampai rugi. Jadi jangan lupa cek harga pasar terlebih dahulu sebelum beli mobil.

  1. Cek Keaslian Profil atau Akun Balai Lelang

Tips hindari penipuan berkedok lelang online berikutnya yaitu dengan mengecek keaslian dari akun atau profil balai lelang. Coba perhatikan tampilan feed akunnya apabila anda dihubungi oleh seseorang yang mengatasnamakan balai lelang terkenal melalui media sosial. Karena feed akun media sosial biasanya dapat sedikit menggambarkan bagaimana profesionalitasnya.

Jika dari akunnya tampak tidak profesional seperti desain konten atau pengambilan gambar buruk, terdapat tipografi, dan lain sebagainya. Maka ada kemungkinan akun tersebut palsu dan hanya mengatasnamakan balai lelang terkenal, namun kenyataannya tidak demikian. Oleh karena itu, anda diharapkan bisa lebih cermat ketika berurusan dengan orang lain melalui jejaring sosial.

  1. Teliti Barang yang Akan Dilelang

Bukan hanya cermat memperhatikan profil, namun anda juga wajib teliti terkait barang yang akan dilelang. Sebab balai lelang resmi umumnya akan memberikan beragam informasi mengenai kegiatan lelang yang hendak dilaksanakan. Sehingga anda dapat melihat informasi tersebut secara lengkap melalui web balai lelang yang bersangkutan.

Dan lebih lanjut untuk memastikan keberadaan barang yang dilelang, anda dapat mengikuti acara open house. Karena pada acara open house biasanya peserta diberi kesempatan untuk melihat secara langsung kondisi fisik barang yang akan dilelang. Jadi anda bisa memastikan bahwa mobil yang dilelang memang ada secara nyata dan sesuai keinginan.

  1. Pahami Prosedur Lelang Online

Penting untuk memahami proses lelang online agar anda tidak sampai menjadi korban penipuan yang berkedok acara tersebut. Pasalnya, berbagai kasus yang pernah terjadi melibatkan korban yang ternyata tidak memahami prosedur lelang online. Sehingga mereka terjerat dengan rayuan penipu yang memberi iming iming mobil murah.

  1. Cari Informasi Nomor Rekening yang Digunakan

Terakhir, anda bisa mencari informasi nomor rekening yang digunakan dalam menampung dana dari penjualan lelang yang masuk. Perhatikan apakah nomor rekening tujuan adalah nomor perusahaan atau bukan. Sebaiknya hindari yang mencantumkan nomor rekening pribadi, sebab terdapat indikasi penipuan di sana. Biasanya nomor rekening ini sendiri akan diberikan apabila anda terpilih lelang online.

Daripada terjerumus penipuan berkedok lelang online, sebaiknya beli mobil yang pasti pasti saja. Misalnya di dealer resmi Toyota yang sudah hadir di berbagai kota di Indonesia. Jika ingin membeli secara online, tidak perlu khawatir. Karena Toyota sudah menyediakan beberapa macam kanal resmi pembelian mobil, misalnya seperti TOSS (Toyota Official Store Solution) yang membantu kamu membeli mobil secara online. 

Lalu ada juga layanan simulasi pembelian Toyota, di mana Anda bisa memanfaatkan alat simulasi kredit gratis dari Toyota untuk mencari tahu berapa biaya yang dibutuhkan untuk membeli mobil impian.

Beli Toyota mudah, kan? Kenapa harus cari yang abal-abal?