Cara Berbisnis Online dari Nol, Pemula Bisa Nyoba

IW – Artikel ini ingin memberikan sejumlah tips cara berbisnis online dari nol. Secara umum berbisnis online merupakan kegiatan sampingan yang bisa memberi penghasilan tambahan.

Selain lebih mudah, berbisnis online juga mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Untuk memulai bisnis online sendiri tidaklah sulit, apalagi saat ini teknologi semakin canggih, sehingga hal ini akan memudahkan Anda untuk memulai bisnis online.

Jangan takut untuk memulai dan jangan takut salah langkah, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba, mulai dari memilih item hingga beberapa tips lainnya.

Menentukan produk yang ingin dijual

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan barang apa yang akan Anda jual, terlebih dahulu Anda harus mengetahui produk yang ingin Anda pasarkan, baik itu barang maupun jasa.

Jika Anda sudah mengetahui produk apa yang ingin Anda jual, maka selanjutnya Anda harus memahami tentang produk yang ingin Anda pasarkan, mengetahui detail produk yang akan Anda jual sangatlah penting.

Mulai dari produsen, bahan baku produk, kualitasnya, daya tahan produk dan lain sebagainya, memahami produk ini akan memudahkan Anda untuk menjual produk Anda kepada calon pembeli.

Riset Pasar

Tips memulai bisnis online selanjutnya adalah melakukan riset pasar, ini adalah kunci dasar ketika Anda ingin memulai bisnis.

Melakukan riset pasar berarti harus melakukan riset terhadap produk yang dijual di pasar, misalnya ingin mengetahui produk apa yang akan dijual di pasar, lalu kualitas apa yang diinginkan pembeli dan juga berapa harga yang sesuai untuk dipasarkan.

Di era teknologi ini, Anda bisa dengan mudah melakukan riset pasar di platform marketplace yang ada, mulai dari Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan masih banyak lagi.

Misal sudah tahu produk apa yang ingin dijual, kemudian bisa mencari produk sejenis di platform, untuk mengetahui harga, varian, dan kualitas yang diinginkan banyak konsumen, jangan lupa juga cari tahu jenis ekspedisi apa yang paling diminati oleh konsumen saat berbelanja online.

Mencari Pemasok Terpercaya

Hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mencari supplier yang terpercaya, jika anda ingin berjualan online sebagai reseller atau produk tertentu maka anda harus mencari supplier yang terpercaya.

Jika ingin menjual produk sendiri, Anda juga diharuskan mencari supplier bahan baku yang terpercaya dan tentunya harganya terjangkau, Anda bisa mencari supplier ini di platform marketplace atau bisa juga mencari supplier langsung ke tempat produsen. 

Jika Anda memiliki misi untuk memberdayakan produsen lokal, Anda dapat langsung mengunjungi industri kerajinan, kemudian Anda juga dapat menjual produk mereka di toko online Anda.

Soal mencari pemasok produk, Dan kalau cukup yakin dengan kemampuan pribadi untuk menjual barang, nggak ada salahnya juga mencoba jadi affiliate.

Opsi Affiliate juga tersedia

Kalau memilih jadi affiliate, Anda tinggal membangun, misalnya situs rekomendasi produk, kemudian bergabung ke marketplace affiliate seperti Accesstrade maupun Involve Asia.

Sistem bisnis affiliate biasanya berdasarkan komisi. Jadi Anda akan menerima komisi berdasarkan jumlah transaksi. Marketplace affiliate seperti Accesstrade atau Involve Asia sama-sama punya metode pemberian komisi yang mirip.

Artinya Anda hanya akan menerima komisi bila konsumen melakukan pembelian produk lewat situs rekomendasi produk yang Anda bangun.

Tinggalkan komentar